Setiap peserta didik adalah individu yang sedang
mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan adalah dua
istilah yang berbeda tetapi tidak berdiri sendiri. Pertumbuhan berkaitan dengan
perubahan alamiah secara kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan
struktur biologis. Menurut Libert, Paulus,
dan Strauss ( Sunarto, 2002: 39 ) bahwa perkembangan adalah proses perubahan dalam
pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksinya dengan
lingkungan. Dengan demikian pada batas-batas tertentu perkembangan dapat
dipercepat melalui proses belajar.
Peserta didik yang melakukan kegiatan belajar atau proses
pendidikan adalah individu. Karena itu dalam proses dan kegiatan belajar
peserta didik tidak bisa dilepaskan dari karakteristik, kemampuan dan perilaku
individualnya. Menurut Makmun
(2009:53) keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting dipahami
oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan
(ability) dan kepribadian. Keragaman individual terjadi karena adanya interelasi
dan interdependensi antara faktor pembawaan ( genetis ), faktor lingkungan dan kematangan ( siap
berfungsinya aspek-aspek psikofisik individu ).
Sementara itu, siswa SMA merupakan individu-individu yang sedang berada pada masa remaja dimana masa remaja merupakan periode yang penting, yaitu perubahan-perubahan yang dialami masa remaja akan memberikan dampak langsung pada individu dan akan mempengaruhi periode selanjutnya. Perkembangan fisik dan mental yang cepat menuntut remaja untukmenyesuaikan diri dengan perubahan tersebut dan membentuk perilaku, nilai, dan sikap baru. Menurut Konopka ( Yusuf, 2006:7 ) bahwa masa remaja merupakan segmen kehidupan yang penting dalam siklus perkembangan peserta didik, dan merupakan masa transisi (dari masa kanak-kanak ke masa dewasa yang diarahkan kepada perkembangan masa dewasa yang sehat.
Masa remaja menurut Mappiare
( Ali, 2014:9 ) dibagi menjadi masa remaja awal; yaitu uisa 12/13 sampai
17/18 tahun, dan remaja akhir yaitu 17/18 tahun sampai 21/22 tahun. Selanjutnya
Santrock ( 2007:20-21 ) bahwa masa
remaja awal ( early adolescence )
kurang lebih berlangsung pada usia menengah pertama atau menengah akhir.
Menurut Erickson
( Santrock, 2010:87 ) masa remaja merupakan masa berkembangnya self-identity
( kesadaran akan identitas diri ). Remaja harus memutuskan siapakah dirinya, apa
keunikannya, apa tujuan hidupnya. Bila remaja berhasil menemukan jati dirinya,
maka akan memiliki kepribadian yang sehat. Sebaliknya apabila gagal mengatasi
krisis identitas, maka akan mengalami kebingungan ( confusion ) sehingga cenderung memiliki kepribadian yang tidak sehat
( maladjustment ).
Menurut Havigurst ( Hurlock,
2013:9 ) tugas-tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada saat atau
sekitar suatu periode tertentu dari kehidupan individu.
Tugas-tugas perkembangan remaja adalah sebagai berikut:
Tugas-tugas perkembangan remaja adalah sebagai berikut:
a. mencapai hubungan-hubungan yang baru dan lebih matang
dengan teman-teman sebaya dari kedua jenis
b. mencapai suatu peranan sosial sebagai pria dan wanita
c. menerima dan menggunakan fisik secara efektif
d. mencapai kebebasan emosional dari orangtua dan orang
lainnya
e. mencapai kebebasan keterjaminan ekonomi
f. memilih dan mempersiapkan diri untuk suatu
pekerjaan/jabatan
g. mempersiapkan diri untuk persiapan pernikahan dan
berkeluarga
h. mengembangkan konsep-konsep dan keterampilan
intelektual yang diperlukan sebagai warga negara yang kompeten
i. secara sosial menghendaki dan mencapai kemampuan
bertindak secara bertanggung jawab
j. Mempelajari dan mengembangkan seperangkat sistem
nilai-nilai dan etika sebagai pegangan untuk bertindak.
Keragaman karakteristik peserta didik yang paling penting
dipahami oleh guru adalah keragaman dalam kecakapan ( ability ) dan kepribadian.
Guru dapat mengidentifikasinya, antara lain melalui:
a. Pengamatan guru terhadap perilaku peserta didik pada
saat KBM dengan menggunakan pedoman pengamatan, dan pengamatan insidentil.
b. Wawancara, angket atau inventori, dan studi
dokumentasi
c. Bekerja sama dengan wali kelas dan guru BK
d. Informasi dari rekan guru dan orangtua serta
teman-teman peserta didik.
Dalam pembelajaran guru harus memperhatikan tahap-tahap dan
tugas-tugas perkembangan serta keragaman karakteristik individu diantaranya
yaitu:
a. Menyusun RPP yang sesuai dengan tahap dan tugas
perkembangan peserta didik pada masa remaja.
b. Guru perlu merancang strategi pembelajaran yang sesuai
dengan keragaman karakteristik peserta didik, dan menciptakan iklim belajar
mengajar yang kondusif agar setiap individu dapat belajar secara optimal.
c. Adanya perbedaan dalam kecepatan perkembangan, maka
dalam pembelajaran perlu adanya pendekatan individualitas disamping kelompok
d. Guru memberi motivasi kepada setiap peserta didik agar
melakukan apa yang diharapkan dari mereka oleh kelompok sosial pada masa
remaja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar