Jumat, 10 November 2017

Pendekatan Berbasis Genre (Genre Based Approach)

Dalam dunia pendidikan dan pengajaran, ada beragam pendekatan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran. Pada akhir-akhir ini pendekatan dalam pembelajaran yang paling sering disebut adalah pendekatan saintifik atau pendekatan ilmiah. Namun selain   pendekatan   berbasis   keilmuan ( Pendekatan Saintifik ),   ada   beberapa   pendekatan   lain   yang   dapat  digunakan  guru  dalam  proses  pembelajaran,  salah satu di  antaranya  adalah pendekatan  berbasis  genre (Genre Based Approach).

Apa dan bagaimana Pendekatan Berbasis Genre ?
Pendekatan ini merupakan pendekatan pembelajaran yang membantu siswa lebih kompeten berbahasa,  mampu  berkomunikasi  melalui  penguasaan  keterampilan berbahasa  di  antaranya dengan  kegiatan  menyimak,    berbicara,  membaca,  dan menulis. 
Berikut  uraian kegiatan  pembelajaran  berbasis  Genre/Teks  (Roses  dan  Martin, 2012).

a.  Membangun Konteks. 
Tahap  ini  merupakan  langkah-langkah  awal  yang  dilakukan  guru  bersama  siswa  untuk mengarahkan  pemikiran  ke  dalam  pokok  persoalan  yang  akan  dibahas pada setiap pelajaran. Contoh :  pembelajaran  pada  tahap  membangun  konteks  untuk  matapelajaran  Bahasa  Inggris, yaitu  guru  menyiapkan  contoh-contoh  teks  report  terkait  teknologi  yang  akan  dibahas, misalnya  Electric  Torch,  Fan  Ceiling,  USB  Flash  Drive atau yang lainnya. Contoh teks dapat berupa teks otentik, teks modifikasi, teks adaptasi, teks buatan guru sendiri, atau teks yang diberikan oleh para ahli  pendekatan genre-based yang relevan.

b.  Menelaah Model/Dekonstruksi teks. 
Tahap  ini  berisi  tentang  pembahasan  teks  yang  diberikan  sebagai  model pembelajaran. Pembahasan  diarahkan  pada  semua  aspek  kebahasaan  yang membentuk   teks   itu   secara keseluruhan.   Pada   tahap   ini   dikembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui kegiatan membahas serta menjawab pertanyaan-pertanyaan  yang  jawabannya  tidak  tertera  dalam  teks, seperti  siapa  penulisnya,  kepada  siapa  pesan  dalam  teks  ditujukan,  di  mana  teks  tersebut dapat  ditemukan,  dalam  konteks  apa  teks  itu  dipakai,  apakah  setiap  teks  atau  setiap pernyataan  yang  ada  dalam  teks  relevan  dengan  kehidupan  siswa,  apakah  setiap  pernyataan yang  ada  dalam  teks  akan  diterima  oleh  semua    pembaca,    apakah    yang    dikatakan    dalam    teks    relevan    dengan  pengalaman  siswa  atau  relevan  dengan  teks  yang  pernah dibaca  sebelumnya  oleh siswa terkait topik yang sama. 

c. Latihan Terbimbing (Joint construction)
Pada   tahapan   ini,   siswa   berlatih   menggunakan   semua   hal   yang   telah dipahaminya  pada tahap  sebelumnya.  Siswa  melewati  tahap  brainstorming, drafting, revising, editing, proofreading, dan publishing.

d. Unjuk Kerja Mandiri (Independent construction)
Pada  tahapan  ini,  siswa  diberi  kesempatan  untuk  menulis  secara  mandiri, dengan bimbingan guru yang minimal, hanya kalau diperlukan. Setelah menulis  teks secara mandiri, siswa juga dapat melakukan refleksi terkait apa yang telah ditulis    atau    yang    dilakukan,    atau    apa    yang telah    dipelajari    selama  pembelajaran,  dan  saat  membandingkan  teks  yang  mereka  tulis dengan  teks  yang  ditulis oleh  temannya.  Siswa  juga  dapat  menceritakan  kembali  apa  yang telah ditulisnya di depan kelas.

sumber : Model-model Pembelajaran, Direktorat Pembinaan SMA , Dirjen Dikdasmen Kemendikbud , Tahun 2017


7 komentar:

  1. HAI!,terimakasih telah memberikan info yang sangat berguna ini. saya jadi terbantu dalam mengerjakan tgs method of teaching saya. saya ingin bertanya bagaimana implementasi gebre based dalam pembelajaran writing?

    BalasHapus
  2. tolong kirimkan jawabanya ke e-mail saya denisesi323@gmail.com

    BalasHapus
  3. Halo pak, tolong bagaimana Cara pembelajaran awal dalam metode GBA ini

    BalasHapus
  4. terima kasih harus belajar lagi

    BalasHapus
  5. Apakah genre bassed approach ini bisa di gunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur kalimat?

    BalasHapus